Erupsi Gunung Marapi Timbulkan Banjir Lahar Dingin

0
818

Lintasmerahputih.com (Tanah Datar Sumbar) – Erupsi gunung Marapi pada 3/12 kemarena, yang masih melihatkan aktifitasnya hingga hari ini, Menimbulkan banjir lahar dingin dibeberapa titik wilayah Kabupaten Tanah Datar terjadi selasa malam (5/12)

Di Nagari Pariangan, banjir bandang menghantam lokasi pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah.

Sementara, di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, banjir bandang menghantam masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan.

Di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, banjir bandang menyebabkan jembatan terban di kedua sisinya. Sehingga, tidak bisa dilalui mobil bertonase besar.

Mendapatkan laporan tersebut Bupati  Tanah Datar Eka Putra, SE, MM  langsung meninjau lokasi bersama Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno, beserta Kapolres AKBP. Derry Indra dan beberapa Kepala OPD terkait

Saat meninjau lokasi , Bupati Eka Putra mengatakan,“ Mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi, untuk itu Saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama bagi pengguna jalan yang melewati jalur Kubu Karambia menuju Batusangkar maupun dari Ombilin menuju Batusangkar untuk selalu berhati-hati dalam mengemudi”.

Dari pantauan lapangan, kata Eka Putra debit air meningkat drastis di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona, Nagari Parambahan.

“Malam ini Saya bersama Ketua DPRD, Forkopimda dan jajaran sedang meninjau ke lapangan untuk melihat langsung lokasi-lokasi yang terdampak.

Akibat bencana banjir ini ada beberapa fasilitas umum dan juga bangunan pribadi milik warga yang rusak. Tadi kami temukan ada jalan yang putus akibat longsor, ada jembatan yang kondisinya hampir terban dan juga ada bengkel milik Yudi di Nagari Parambahan yang hanyut terbawa arus sungai,” ungkap Eka.

Kemudian Bupati Eka Putra juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak gampang panik dan tidak gampang percaya dengan berita-berita bohong atau hoaks yang beredar.

“Saya ingatkan kepada seluruh masyarakat Tanah datar, Jangan panik. Dengarkan instruksi dari yang berwenang. Jangan termakan isu, jangan mudah percaya dengan berita-berita hoaks, karena situasi ini InsyaAllah akan bisa kami kendalikan bersama Forkopinda,” tegasnya.

Terkait dengan adanya beberapa fasilitas umum dan bangunan pribadi milik warga yang terdampak, Bupati Eka mengatakan bahwa beberapa langkah awal yang sudah dilakukan, diantaranya menurunkan tim relawan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD dan relawan untuk melakukan identifikasi dan penanggulangan di lokasi bencana.

“Untuk jembatan Koto Baranjak yang saat ini tidak bisa dilewati kendaraan, kami sudah lakukan pengalihan arus lalu lintas. Sementara, untuk bangunan bengkel milik Yudi di Nagari Parambahan sedang kami lakukan identifikasi berapa kerugian yang diderita oleh korban dan tentunya nanti akan kami bantu supaya korban bisa kembali bekerja. Intinya, kehadiran kami langsung di lapangan malam ini adalah bentuk kepedulian kami kepada  masyarakat,

Bupati Eka Putra juga meminta masyarakat Tanah Datar untuk sama-sama berdoa agar erupsi Marapi tidak menimbulkan dampak yang besar.

“Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa,” Pungkas Eka Putra Bupati Tanah Datar. (RMA)

LEAVE A REPLY